Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Durian



Buah durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai di Indonesia, buah ini memiliki aroma yang khas. Buah durian berasal dari daerah tropis, seperti yang kita ketahui buah durian memiliki kulit buah yang keras dan terdapat duri-duri lancip yang membuatnya terkenal dengan sebutan buah durian.

Buah ini merupakan buah yang kontroversial, meskipun banyak orang suka dengan buah durian, namun banyak orang pula yang tidak suka dengan aroma dari buah durian.

Durian merupakan pohon liar dari Sumatra dan Kalimantan buah ini diberi nama sesuai dengan karakteristik buah yang berkulit kearas dan berduri dengan rasa yang unik

Kandungan Nutrisi Buah Durian

Selain memiliki rasa yang nikmat dan bau yang menyengat buah durian merupakan buah yang memiliki kandungan gizi tinggi. Kandungan gizi pada buah durian bisa dikatakan lengkap jika dibandingkan buah lainnya. Kandungan nutrisi apa saja yang terdapat didalam buah durian?

Kandungan nutrisi dari buah durian yang bermanfaat untuk kesehatan antara lain: vitamin B, C, magnesium, za besi, kalium, seng, dan fosfor. Buah durian juga merupakan buah yang mengandung thiamin, riblofavin serta omega 3 dan 6. Di dalam buah durian terdapat kandungan phytonurient, polyphenol, organosulfur, tryptophan, antioksidan, dan phytosterol. Selain kandungan gizi buah durian juga mengandung karbohidrat, lemak tak jenuh serta protein.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University, phytonutrient yang terdapat pada buah durian dikatakan mampu mematikan zat penyebab kanker, bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, mencegah diabetes, serta penyakit jantung.

Buah durian mengandung vitamin C dan polifenol sehingga buah ini merupakan buah yang merupakan sumber antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan dari vitamin C yang terdapat di dalam buah durian cukup tinggi, dalam 100gr daging buah durian dapat mencapai sekitar 200 mg vitamin C. Ini merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C yang terdapat didalam buah.

Kandungan zat phytosterol yang terdapat di dalam buah durian mampu untuk memperbaiki reaksi anti tumor, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap kanker serta mampu menghambat pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh. Sangat besar manfaat yang diberikan dari mengkonsumsi buah durian sehingga tidak ada salahnya jika anda menempatkan buah durian dalam menu diet anda, mumpung saat ini sedang musim durian rasanya akan sangat pas untuk anda mengambil buah ini karena disaat musim durian harga buah ini akan lebih murah dari biasanya.

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Rasa buah durian yang manis dan nikmat serta kandungan nutrisi dari buah durian yang sangat lengkap membuat manfaat buah durian sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, manfaat kesehatan apa yang dapat diambil dengan mengkonsumsi buah durian?

  • Mencegah Penuaan Dini
Seperti yang telah disebutkan diatas buah durian memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dari buah durian merupakan bahan baku dalam pembuatan kolagen. Kolagen adalah zat penting yang berguna untuk meremajakan kulit yang telah mati selain itu fungsi dari kolagen juga untuk menjaga pembuluh darah, tulang tendon serta untuk ligamen.

  • Buah durian merupakan buah yang mermanfaat untuk mencegah depresi
Di dalam buah durian mengandung vitamin B 6, vitamin B6 merupakan salah satu unsur dari vitamin B kompleks. Vitamin B6 yang terdapat di dalam buah durian akan membantu tubuh dalam memproduksi hormon yang disebut dengan hormon serotonin. Hormon serotonin merupakan hormon penting yang dapat merubah susana hati Anda menjadi lebih baik, hal ini akan membuat anda terjauh dari resiko stress serta depresi.

  • Buah durian mampu meningkatkan kemampuan otak anda
Terdapat studi yang dilakukan di London, Inggris, terkait dengan buah durian. Didalam studi yang melibatkan 200 pelajar, mereka diminta diminta untuk mengonsumsi buah durian tentunya dalam jumlah yang cukup besar pada saat sarapan dan sewaktu istirahat. Dari hasil studi yang dilakukan dari 200 siswa menunjukkan 80 persen siswa yang mengkonsumsi buah durian yang banyak mengalami peningkatan kemampuan otak, mereka lebih cepat dalam menyerap pelajaran dan khasiat buah durian ini membuat mereka lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

  • Buah durian untuk obat tidur alami
Apakah anda susah tidur atau mengalami insomnia?

Bagi anda yang susah untuk tidur, buah durian akan membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas, mengkonsumsi buah durian akan meringankan kecemasan dan insomnia serta mampu meningkatkan perasaan tenang dan senang, cara kerjanya adalah karena kandungan triptofan dari buah durian, perasaan senang dan tenang merupakan efek dari meningkatnya kadar serotonin pada otak. Tahukah anda bahwa serotonin adalah zat yang mengatur siklus tidur dalam kerjanya serotonin bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin untuk menciptakan efek ini.

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun anda harus berhati hati dalam mengkkonsumsi buah durian, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi buah durian dalam umlah yang besar dan banyak dapat membahayakan kesehatan anda.

Bahaya buah durian karena durian mengandung gula alkohol sehingga akan sangat berbahaya jika anda mengkonsumsi buah durian bersama dengan alkohol. Buah durian juga tidak baik bagi ibu hamil, jadi jika anda sedang hamil sebaiknya anda menghindari buah durian karena dapat menyebabkan keguguran.

Tetap jaga kesehatan anda dengan menerapkan gaya hidup sehat, terima kasih telah membaca artikel tentang Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Durian. Semoga bermanfaat... :)

Sumber : http://daunbuah.com/manfaat-khasiat-serta-kandungan-nutrisi-buah-durian/

0 Comment "Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Durian"

Posting Komentar