Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung




Kita sebenarnya bebas untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan, namun untuk suatu kondisi tertentu, kita perlu mengenali dengan baik apa manfaat dan efek makanan tersebut terhadap kesehatan tubuh. Dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi, kita dapat menurunkan resiko penyakit jantung & serangan jantung.

Untuk memiliki jantung yang sehat misalnya, kita perlu memperhatikan beberapa poin berikut dalam memilih makanan sehat untuk jantung kita.

Mengontrol Konsumsi Lemak

Semua diet yang Anda konsumsi harus mengandung lemak, namun tidak semua lemak baik untuk kesehatan. Untuk menjalankan fungsinya secara optimal, tubuh membutuhkan lemak, terutama di tingkat seluler.

Sayangnya, makanan yang tinggi kandungan lemak dan kolesterol jahat bisa berdampak buruk pada jantung. Makanan jenis ini dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, terutama pembuluh arteri.

Seiring berjalannya waktu, penumpukan plak bisa menyumbat pembuluh darah. Hal ini akan memaksa jantung bekerja lebih keras guna memompa darah melewati sumbatan dan bisa menyebabkan pembuluh darah arteri kehilangan fleksibilitasnya. Menurut American Heart Association, lemak jahat harus dikonsumsi dalam batas sebagai berikut:
Lemak jenuh (saturated fats) tidak boleh lebih dari 7% dari asupan kalori harian,
Kolesterol, tidak boleh melebihi 300 mg/hari, dan
Lemak trans (trans fats) tidak boleh lebih dari 1% dari asupan kalori harian Anda.

Buah & Sayuran

Sayuran & buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi optimal, terutama jantung. Salah satu manfaat tambahan dari memperbanyak asupan buah dan sayuran adalah memperbesar persentase konsumsi serat dalam diet harian.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dari buah dan sayuran bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang rendah mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan bagian penting dalam diet Anda. Jika karbohidrat yang tepat dipilih, maka akan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Seluruh jenis biji-bijian mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Seperti serat yang ditemukan dalam buah dan sayuran, kandungan serat dalam gandum utuh juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu mencegah masalah kesehatan dan penyakit jantung. Serat dari biji-bijian memliki manfaat tambahan yaitu membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa menjaga berat badan yang sehat beserta jantung yang sehat pula.

Pilih Protein Rendah Lemak

Jenis sumber protein yang Anda pilih untuk dikonsumsi juga dapat memengaruhi kesehatan jantung. Mengonsumsi daging berlemak dalam porsi besar bisa berkontribusi terhadap penumpukan kolesterol dalam darah. Pilihlah sumber protein yang rendah lemak, seperti ayam atau kacang-kacangan.

Pilih juga sumber protein seperti ikan yang memberikan manfaat tambahan bagi jantung karena mengandung omega-3.

Omega-3 merupakan lemak yang sehat bagi jantung, yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Asam lemak omega-3 akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner (coronary artery disease).

Demikian Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung yang dapat anda coba..

0 Comment "Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung"

Posting Komentar