7 Bagian Tubuh yg Harus di Hindari Bersentuhan dengan Tangan

Menurut seorang profesor yang bernama Zuckerman College of Public Health di University of Arizona, Kelly Reynolds, berbagai penelitian menunjukkan tangan memainkan peran utama dalam perpindahan kuman.



"Bahkan sesudah mencuci tangan dengan tepat, tangan & jari akan terkontaminasi kuman dari lingkungan sekitar," tambah Reynolds.

Oleh sebab itu, penting sekali buat menghindari kuman masuk ke tubuh dari tangan dengan nggak sering memegang anggota tubuh.

Berikut 7 Bagian Tubuh yang Harus Sering di Hindari Untuk Bersentuhan dengan Tangan :


1. Hindari Bersentuhan dengan Kanal telinga
Hindari membersihkan kanal telinga (saluran telinga yang menghubungkan bagian luar & dalam) dengan tangan maupun alat lainnya. "Memasukkan sesuatu ke dalam kanal telinga bisa menyobek kulit tipis yang melapisi saluran telinga," terang Profesor & Ketua Departemen THT di Keck School of Medicine of USC, John K Niparko.

Apa yang harus di perbuat kalau telinga terasa gatal?

Nah kalau merasakan sensasi gatal berulang lebih baik memeriksakannya ke dokter THT daripada mengoreknya dengan jari atau benda lain. \"Dokter THT akan memeriksa masalah yang terjadi, apakah itu eksim pada kulit, infeksi telinga, atau masalah telinga lainnya. Ia pun akan melakukan perawatan buat mengatasi masalah ini bagaikan dengan pengobatan, dibersihkan atau melembapkan telinga,\" ungkap Niparko.

2. Hindari Bersentuhan dengan Wajah
Ini yaitu salah satu hal yang sulit buat dihindari, sebab tangan cenderung sering memegang area ini.
Anda boleh memegang area tersebut selagi membersihkan wajah atau mengaplikasikan krim wajah, namun di luar itu lebih baik jangan. Tangan mengandung kuman, sebelumnya jari-jari juga mengandung minyak yang bisa masuk ke pori-pori wajah ujar pakar kulit Adnan Nasir. Hal tersebut dapat menjadikan kulit jadi lebih mudah berjerawat.

3. Hindari Bersentuhan dengan Bokong
Usai buang air besar, lekas cuci tangan dengan sabun & air mengalir. Sebab, anus mengandung bakteri yang berbahaya. Sesudahnya hindari mencapai area bokong. Jikapun memegang, lekas cuci tangan.

4. Hindari Bersentuhan dengan Mata
Hindari mencapai area ini, kecuali kamu sedang memasukkan lensa kontak atau membersihkan obat tetes mata. kalau sering mengucek mata, akan sangat mudah sekali kuman masuk ke dalamnya ungkap dokter spesialis mata Kimberly Cockerham. Kuman-kuman yang masuk bisa mengakibatkan infeksi pada mata.
Jika sering mengalami mata gatal, kering, atau lensa kontak bermasalah, lebih baik kunjungi dokter mata Anda. Ia akan mengatasi masalah mendasar.

5. Hindari Bersentuhan dengan Mulut
Jujur saja, kamu niscaya pernah kan mencuri sesuatu di mulut dengan tangan? kalau iya, jangan diulangi lagi ya.
Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Applied Microbiology menunjukkan bahwa seperempat kuman yang ada di tangan dapat masuk ke dalam mulut & berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan.

6. Hindari Bersentuhan dengan Hidung
Memasukkan jari ke dalam hidung buat membersihkan kotoran di dalamnya atau mengupil dilakukan setiap hari oleh hampir semua orang. Namun ingatkah kamu bahwa aktivitas tersebut sama saja bagaikan memindahkan kuman ke dalam tubuh?

Studi tahun 2006 mengenai telinga, hidung & tenggorokan dalam jurnal Infection Control and Hospital Epidemiology menemukan bahwa orang yang membersihkan hidung dengan tangan, 51 % lebih boleh jadi membawa bakteri Staphylococcus aureus yang berasal sejak tangan.

Lalu, bagaimana tips bersihkan hidung yang benar?

Menurut dokter spesialis THT sejak Rumah Sakit Gandaria Jakarta, Rusdian Utama Roeslani, salah satu tips kondusif membersihkan hidung yaitu dengan mencucinya memakai air. \"Bagi orang Islam selagi wudhu kan diminta buat membersihkan hidung dengan air secara dihirup kemudian dikeluarkan. Nah itu juga dapat jadi salah satu alternatif tips membersihkan hidung,\" terang dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Selain itu, dapat juga dengan mengirigasi hidung memakai larutan garam. Cukup campurkan dua sendok teh garam ke dalam 200 cc air, sebelumnya basuh hidung memakai larutan tersebut.

7. Hindari Bersentuhan dengan Kulit di bawah kuku
Banyak bakteri jahat yang bermukim pada kulit bagian bawah kuku. Jadi, jangan sering-sering membersihkan area tersebut dengan kuku kamu yang lain. kalau iya, langsung cuci tangan sesudahnya.

Untuk mengurangi jumlah bakteri yang ada, potonglah kuku pendek sebelumnya sikat lembut bagian dalamnya bagaikan diungkapkan konsultan dokter kulit sejak British Dermatology Center, Dabod De Berker.

0 Comment "7 Bagian Tubuh yg Harus di Hindari Bersentuhan dengan Tangan"

Posting Komentar