Menjaga Kesehatan Reproduksi, Hindari Makanan ini !!!



Hay Ladies....!!!
Untuk menjaga sistem reproduksi ladies tetap sehat, sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat yang meliputi makanan bergizi dan olahraga teratur. Setiap komplikasi yang timbul dalam sistem reproduksi akan menyebabkan organ reproduksi rusak, ketidakseimbangan hormon, kesuburan dan kesulitan kehamilan. Jika kesehatan ladies terganggu karena pilihan gaya hidup dan makanan maka akan berimbas pula pada sistem reproduksi yang terganggu. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari rencanakan kehamilan dalam rentan waktu dekat berdekatan dengan persalinan.

Dalam rangka untuk menjaga sistem reproduksi ladies berfungsi secara optimal, hindari makanan ini untuk menjaga kesehatan reproduksi :

1.  Kafein

Kandungan kafein dapat menjadi penurunan kesuburan, stimulan ini dapat mengganggu kesuburan Anda ketika dikonsumsi dalam jumlah besar setiap harinya. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan yang selanjutnya dapat mempengaruhi proses konsepsi. Oleh karena itu, usahakan untuk membatasi konsumsi kopi, soda, teh berkafein dan coklat.

2.  Gula

Gula tidak hanya bisa menyebabkan obesitas akan tetapi juga tidak baik untuk sistem reproduksi anda. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih akan mempengaruhi gula darah dan tingkat energi. Untuk memastikan kesehatan reproduksi ladies sehat, ladies dapat meninggalkan konsumsi junk food dan konsumsi gula yang berlebih. Sebaiknya anda mulai membiasakan hidup sehat dengan mengurangi pemakaian pemanis buatan.

3.  Alkohol

Secara keseluruhan alkohol tidak baik untuk kesehatan begitu juga untuk sistem reproduksi. Alkohol dapat menyebabkan hilangnya kesempatan hamil sebanyak 50% dari wanita normal lainnya. Begitu juga dengan pasangan ladies yang mengkonsumsi alkohol maka kesuburannya akan terganggu karena alkohol berperan dalam kualitas dan jumlah sperma. Alkohol akan bersifat mengganggu kesehatan janin anda beberapa kasus menemukan anak yang lahir prematur dan cacat dari wanita yang mengkonsumsi alkohol.

4.  Karbohidrat tertentu

Kesuburan dipengaruhi oleh asupan makanan sehingga untuk anda yang ingin cepat-cepat memiliki anak maka ladies dapat memilih karbohidrat kompleks ketimbang karbohidrat lainnya. Karbohidrat kompleks bisa didapat dari jenis serat dan biji bijian. Bagi ladies yang ingin cepat hamil dapat meningkatkan konsumsi beras merah dan roti gandum. Karbohidrat yang bersifat cepat dicerna seperti nasi putih dan kentang dapat mempengaruhi gula darah secara cepat sehingga kurang baik dalam kesehatan reproduksi ladies.

5.  Makanan Olahan mengandung lemak trans

Sebuah studi menunjukan adanya hubungan antara konsumsi lemak trans dengn kesuburan dikarenakan adanya resiko endometriosis. Endometriosis ditandai dengan adanya pertumbuhan sel endometrium di luar rahim. Lemak trans merupakan minyak yang berupa cairan yang padat dari proses hidrogenesi yaitu proses pengubahan asam lemak tidak jenuh menjadi lemak yang berbahaya. Bagi ladies yang ingin menjaga kesehatan reproduksi termasuk kesuburan maka hindari makanan olahan yang mengandung lemak trans. Junk food adalah salah satu makanan yang menyumbang lemak trans terbesar untuk tubuh anda. Konsumsi makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh yang umumnya berasal dari nabati.

6.  Kandungan pestisida berlebih

Kontaminasi lingkungan seperti xenoestrogens, dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Untuk mencegah pestisida ini masuk dalam tubuh ladies dan merusak sistem reproduksi. Maka untuk ladies disarankan untuk mencuci dengan bersih buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Kandungan pestisida dapat ditemui pada jenis air minum tertentu yang telah terkontaminasi, perhatikan sumber asal air tersebut dan sebaiknya memang benar-benar dalam melakukan proses mendidihkan air tersebut sebelum diminum.

oke ladies... Mulai sekarang hati-hati dalam mengkonsumsi makanan ya...!!!



Sumber : Hindari Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Reproduksi

0 Comment "Menjaga Kesehatan Reproduksi, Hindari Makanan ini !!!"

Posting Komentar