Tips Membuat Tekstur Daging Alot Menjadi Empuk


Anda sering memasak daging sapi? Biasanya tantangan yang sering ditemui saat mengolah daging sapi adalah bagaimana cara membuat tekstur daging supaya empuk. Daging akan empuk jika Anda memotong dengan ukuran kecil atau memasak dalam waktu lama. Namun tentu saja akan berpengaruh pada tekstur dan kelembutannya.

Daging sapi terdiri dari sekumpulan otot yang penuh dengan protein dan ketika dimasak akan terbentuk molekul-molekul. Molekul tersebut mengubah daging menjadi serat dan akan membuat daging menjadi keras.

Berikut ini ada beberapa tips mudah yang dapat Anda coba untuk mengempukkan daging sapi.
  • Bubuk Papain / Daun Pepaya
Anda bisa menggunakan bubuk papain yang diekstrak dari getah pohon pepaya. Dengan bubuk papain ini, daging akan cepat empuk karena enzim papain dikenal mampu membuat daging cepat empuk tanpa membutuhkan waktu yang lama untuk memasak. Bubuk papain dapat ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan. Selain menggunakan bubuk papain, membungkus daging dengan daun pepaya juga mampu menmbuat enzim papain bekerja.
  • Buah Nanas Segar
Buah nanas segar juga dapat Anda gunakan untuk mengempukkan daging. Untuk 1 kg daging, Anda bisa menggunakan sekitar 250 gr nanas yang telah diparut. Lumurkan ke daging selama 20 menit sampai 1 jam. Karena enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas ini terlalu kuat, jadi jangan berlama-lama merendamnya. Karena daging akan cepat hancur saat dimasak.
  • Buah Kiwi

Salah satu buah yang juga bisa mengempukkan daging adalah kiwi. Kiwi mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk. Caranya dengan meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak. Untuk 1 kg daging diperlukan 1 hingga 1 ½ butir kiwi dan diamkan 1-2 jam.

Dengan cara tersebut, Anda tidak hanya mendapatkan daging yang empuk, tetapi juga rasa asam yang segar dari rendaman nanas dan kiwi. Rasa asam dari buah tersebut membuat daging menjadi lebih gurih dan rasanya juga lebih kuat. Anda dapat menggunakan daging ini untuk memasak tumisan, tongseng sapi, soto, dan olahan daging lainnya.

Sumber : http://www.kawanpustaka.com/kuliner/579-cara-mengempukkan-daging-sapi-dengan-mudah

0 Comment "Tips Membuat Tekstur Daging Alot Menjadi Empuk"

Posting Komentar