Kumpulan Resep Obat Alami Darah Tinggi (Hipertensi)

Pengertian Darah Tinggi:

Darah tinggi atau hipertensi yaitu kondisi di mana tekanan darah seseorang berada di atas normal yang di tunjukan oleh 2 varian pengukuran oleh alat pengukur tekanan darah atau Sfigmomanometer. Seseorang di katakan mempunyai tekanan darah tinggi kalau hasil pengukuran sistolik & diastolik terus menerus berada diatas sekitar 140/90 mmhg atau lebih.

Namun begitu berapa pastinya hasil pengukuran Sfigmomanometer yang akurat sehingga seseorang dapat di sebut menderita tekanan darah tinggi tersebut beragam. WHO sendiri memberi batasan bahwa seseorang dapat di katakan menderita darah tinggi kalau tekanan darahnya sama atau di atas 160/95 mmHg. Sedangkan beberapa pakar penyakit dalam mempunyai pendapat lain. Pendapat mereka antara beda adalah:

Batasan darah tinggi menurut NM Kaplan:

Untuk perempuan tekanan darah normal yaitu 140/90
Untuk perempuan tekanan darah tinggi yaitu 160/95
Untuk laki-laki tekanan darah normal yaitu 130/90
Untuk laki-laki tekanan darah tinggi yaitu 145/95
Gejala Darah Tinggi (Hipertensi):

Darah tinggi yang diderita dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit komplikasi, bagaikan pembesaran jantung, jantung koroner, kerusakan ginjal, kebutaan, sampai pada kematian dampak pecahnya pembuluh darah otak, gagal jantung, atau gagal ginjal.

Cici-ciri Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi wajib diwaspadai, sebab umumnya pada penderita hipertensi nggak merasakan adanya gejala. namun secara nggak sengaja beberapa gejala terjadi bersamaan & dipercaya berinteraksi dengan tekanan darah tinggi (padahal sesungguhnya tidak). Gejala yang dimaksud yaitu sakit kepala, perdarahan sejak hidung, pusing, wajah kemerahan & kelelahan; yang dapat saja terjadi baik pada penderita hipertensi, maupun pada seseorang dengan tekanan darah yang normal.

Jika hipertensi setelah pada level yang berat atau menahun & nggak diobati, dapat timbul gejala antara lain; sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak napas, gelisah, pandangan menjadi kabur yang terjadi sebab adanya kerusakan pada otak, mata, jantung & ginjal. Terkadang penderita hipertensi berat mengalami penurunan pencerahan & bahkan koma sebab terjadi pembengkakan otak. Keadaan tersebut disebut ensefalopati hipertensif, yang wajib lekas mendapatkan penanganan.

Penyebab Darah Tinggi (Hipertensi):

Berdasarkan penyebabnya, hipertensi terdiri atas dua macam adalah Hipetensi Primer atau Esensial & Hipertensi Sekunder.
Hipertensi primer atau esensial merupakan hipertensi yang nggak atau belum diketahui sebabnya (terdapat pada kurang lebih 90 persen sejak seluruh hipertensi).

Hipertensi sekunder yaitu hipertensi yang disebabkan/ selaku dampak sejak adanya penyakit lain.
Hipertensi primer kemungkinan mempunyai banyak penyebab; beberapa perubahan pada jantung & pembuluh darah kemungkinan bersama-sama mengakibatkan meningkatnya tekanan darah.

Jika penyebabnya diketahui, maka disebut hipertensi sekunder. Pada kisaran 5-10% penderita hipertensi, penyebabnya yaitu penyakit ginjal. Pada kisaran 1-2%, penyebabnya yaitu kelainan hormonal atau pemakaian obat eksklusif (misalnya pil KB).

Penyebab hipertensi lainnya yang jarang yaitu feokromositoma, adalah tumor pada kelenjar adrenal yang menghasilkan hormon epinefrin (adrenalin) atau norepinefrin (noradrenalin).

Kegemukan (obesitas), gaya hidup yang nggak aktif (malas berolah raga), stres, alkohol atau garam dalam makanan; dapat memicu terjadinya hipertensi pada orang-orang mempunyai kepekaan yang diturunkan. Stres cenderung mengakibatkan kenaikan tekanan darah buat sementara waktu, kalau stres telah berlalu, maka tekanan darah biasanya akan balik normal.


Berikut Obat Darah Tinggi yang Bisa Anda Buat Sendiri :

1. Resep Obat Darah Tinggi

Bahan:

Daun semanggi gunung segar, 10-15 g.

Cara Meracik obat:

Cuci daun semanggi gunung hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air higienis sampai air rebusan tersisa 11/2 gelas. sesudah dingin, saring air rebusan ini & bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak.

Aturan Pakai:

Minum ramuan tersebut setiap pagi & sore hari.


2. Resep Obat Darah Tinggi

Bahan:

Akar pule pandak, 50 g.

Cara Meracik obat:

Cuci akar pule pundak hingga bersih, sebelumnya pangkas tipis-tipis. Masukkan ke dalam panci, kemudian tambahkan 3 gelas air bersih. Rebus sampai air rebusan tersisa 1 gelas. sesudah dingin, saring air rebusan & bagi menjadi 2 bagian.

Aturan Pakai:

Minum ramuan tersebut 2 kali sehari, yaitu pada pagi & sore.


3. Resep Obat Darah Tinggi

Bahan:

Asam tarngguli, seukuran 3 jari.

Madu, 2 sendok makan.

Cara Meramu Resep:

Cuci asam trangguli hingga bersih. Tambahkan madu, kemudian remas-remas. Peras & saring.

Aturan Pakai:

Minum ramuan tersebut sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.


Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi :

Selain resep diatas, berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan darah tinggi : 
- Sayur Bayam
- Biji Bunga Matahari
- Kacang-kacangan
- Buah Pisang
- Kedelai
- Kentang
- Avokad
- Cokelat Pekat
- Mentimum
- Melon
- Semangka

Demikian informasi mengenai darah tinggi dan cara pengobatannya. semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

0 Comment "Kumpulan Resep Obat Alami Darah Tinggi (Hipertensi)"

Posting Komentar