Tips Ampuh Mengobati Flu & Batuk Dengan Cara Tradisional

Flu yang ditandai dengan Batuk & Pilek menjadi penyakit yang paling banyak diderita oleh orang. Penyakit ini biasanya berkaitan dengan musim atau cuaca. Seseorang dapat mengalaminya berkali-kali dalam waktu setahun. Namun begitulah masih banyak yang belum mengetahui tips yang benar-benar ampuh buat mengobati flu batuk pilek ini.



Kali ini kami akan memberikan beberapa tips pengobatan tradisional atau alami buat mengatasi flu dan batuk yang bisa dengan mudah kalian terapkan. Sebelumnya kita kenali dulu gejala-gejala yang sering timbul karena flu tersebut.

Percaya atau tidak, di antara gejala-gejala flu yang menurut kamu mengganggu sebetulnya merupakan proses penyembuhan alami & nggak perlu diobati, bahkan itu mrupakan bukti bahwa sistem kekebalan tubuh sedang melawan penyakit.  Gejala-gejala yang dimaskud antara beda :
  • Demam adalah cara tubuh untuk membunuh virus dengan menciptakan lingkungan yang lebih panas dari normal agar virus tidak betah. Selain itu, tubuh yang panas akan membuat protein dan sel-sel daya tahan tubuh pembunuh kuman dalam darah menjadi lebih cepat beredar dan bekerja lebih efektif. Jadi, jika demam yang ringan-sedang dipertahankan satu atau dua hari, justru akan memberikan kesembuhan yang lebih cepat.
  • Batuk, gejala ini akan membersihkan saluran pernapasan dari lendir tebal yang dapat membawa kuman ke paru-paru dan ke seluruh tubuh.
  • Pilek dan Hidung tersumbat, hal ini terjadi ketika aliran darah pada daerah hidung meningkat sekresipun meningkat (pengeluaran lendir). Aliran darah yang meningkat dapat menghangatkan daerah yang terinfeksi dan membantu sekresi membawa kuman keluar dari tubuh.
Setelah mengetahui gejala-gejala yang muncul akibat terkena flu, berikut ini beberapa tips mengobati flu dan batuk secara tradisional dan alami.

Seringlah Membuang Ingus

Sangat penting membuang ingus secara teratur ketika ada banyak ingus di hidung. Hal tersebut penting buat membuang virus-virus serta bakteri yang ada di dalamnya. Lakukan secara perlahan dengan bergantian, yaitu tutup salah satu lubang hidung sebelumnya, begitulah pula sebaliknya.

Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Larutan garam

Pembilasan air garam bisa membantu mengatasi hidung tersumbat serta cairan garam tersebut juga bisa menghilangkan partikel virus & bakteri di hidung. tersebut merupakan salah satu obat batuk pilek yang alami tapi manjur, berikut caranya:

Campur 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh baking soda dalam 8 ons (236 ml) air hangat. Gunakan semprotan atau kit irigasi hidung buat menyemprotkan larutan ke dalam hidung. Tahan salah satu lubang hidung, ditutup dengan menerapkan tekanan jari ringan sambil menyemprotkan larutan garam yang telah dibuat ke dalam lubang hidung lainnya. Biarkan mengalir. Ulangi dua sampai tiga kali.

Minum Cairan Hangat



Jika terserang flu batuk pilek sangat dianjurkan mengonsumsi makanan & minuman yang hangat. Cairan hangat bisa meredakan hidung tersumbat, menangkal dehidrasi, & menenangkan membran yang meradang yang melapisi hidung & tenggorokan.

Berkumur

Berkumur dengan setengah sendok teh garam dilarutkan dalam 8 ons air hangat, empat kali sehari, bisa dengan efektif meredakan sakit tenggorokan & batuk yang biasanya menyertai flu.

Untuk mengurangi gatal di tenggorokan, cobalah berkumur (atau diminum sekalian)  dengan teh yang mengandung tanin yang berfungsi mengencangkan membran (menjadi kesat). Atau juga bisa memakai madu & sari apel. Obat batuk pilek alami tersebut akan sangat lezat yang juga bisa diminum bersama-sama misalnya dalam secangkir teh hangat bisa ditambahkan 1 sendok teh madu & jus lemon.

Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat atau air yang beruap hangat akan melembabkan hidung & bisa membantu otot-otot menjadi rileks.

Gunakan Minyak kayu putih

Setetes kecil minyak kayu putih atau salep mentol yang dioleskan di bawah hidung bisa membantu membuka saluran pernafasan. Menthol, eucalyptus, & minyak kayu putih semua mempunyai bahan pati rasa ringan yang bisa membantu meringankan rasa sakit dalam hidung. Namun, ingat! jangan oleskan terlalu tebal & jangan mengolesnya di dalam rongga hidung.

Banyak Istirahat



Beristirahat akan dengan efektif mengumpulkan energi buat melawan penyakit, termasuk melawan virus penyebab flu & batuk. buat sementara hindarilah aktifitas berat ataupun oleh raga.

Tidur Dengan Bantal Tinggi

Keluhan yang sangat mengganggu bagi siapa saja yang sedang pilek yaitu hidung tersumbat selagi tidur. Meninggikan kepala akan membantu meringankan hidung yang tersumbat. Hal tersebut bisa disiasati dengan tips meletakkan beberapa bantal sedemikian rupa di bawah kepala.

Makan Makanan Pelawan Infeksi

Berikut beberapa makanan yang baik buat dikonsumsi ketika seseorang sedang berjuang melawan pilek atau flu:

Pisang & nasi - buat menenangkan sakit perut & diare
Buah yang kaya akan vitamin C, bagaikan jambu biji, jeruk, dsb. Silahkan baca: Sumber Vitamin C
Blueberry - mengandung aspirin alami, yang bisa menurunkan demam & membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri
Wortel, yang mengandung beta-karoten
Cabe -bisa membuka sinus, & membantu memecah lendir di paru-paru
Bawang - mengandung phytochemical yang diakui bisa membantu tubuh melawan infeksi. Baca juga: Manfaat bawang putih
Teh hijau & hitam - berisi catechin, fitokimia yang konon merupakan antibiotik alami & mempunyai imbas anti-diare

Demikian tips sederhana untuk mengobati flu dan batuk dengan cara tradisional dan alami. Namun Ingat, kondisi serius, seperti infeksi sinus, bronkitis, meningitis, radang tenggorokan, & asma, bisa terlihat layaknya flu biasa. kalau kamu mempunyai gejala-gejala yang berat atau gejala yang tak kunjung sembuh, segeralah untuk mengunjungi dokter.

0 Comment "Tips Ampuh Mengobati Flu & Batuk Dengan Cara Tradisional"

Posting Komentar