Masa Remaja Rentan Terkena Gangguan Mental


Masa remaja adalah masa yang rentan terkena gangguan jiwa. Hal ini dapat disebabkan karena pengaruh lingkungan dan beban mental yang dirasakan berat oleh bagi sebagian remaja sehingga menjadikan mereka depresi atau terganggu jiwanya.

Menurut Dokter spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa, Nova Riyanti Yusuf mengatakan hampir 50 persen gangguan jiwa ternyata menyerang saat usia remaja. Masalah kesehatan jiwa teridentifikasi antara 10 hingga 20 persen dari orang muda.

"Dengan angka lebih tinggi pada mereka yang masuk dalam populasi rentan, yaitu seperti daerah bencana alam, kemiskinan atau daerah konflik," ujar Nova yang juga anggota Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Selasa (12-Agustus-2014).

Selasa (12-Agustus-2014) ini bertepatan dengan peringatan International Youth Day dengan tema dunia Mental Health Matters atau Masalah
Kesehatan Mental memang diperlukan untuk menjaga keseimbangan kondisi dalam tubuh setiap orang. Sekedar mengingatkan aktor Hollywood Robin Williams hari ini (waktu Indonesia) ditemukan meninggal dunia di rumahnya. Ia diduga bunuh diri dan menderita Bipolar Affective Disorder.

Sedangkan masih hangat menjadi pembicaraan adalah aktris muda Marshanda yang juga menderita Bipolar. Masyarakat tiba-tiba sadar akan pentingnya kesehatan jiwa.

"Generasi muda penerus harus berkarakter kuat karena pola asuh dan pola komunikasi yang baik dimulai dari unit terkecil seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat," tambah Nova.

selain itu pembuat kebijakan dan pemangku kebijakan harus memastikan tersedianya sarana maupun payung hukum yang kuat agar kesehatan jiwa remaja dan edukasi pemeliharaan dan peningkatkan kesehatan jiwa remaja terpenuhi.

0 Comment "Masa Remaja Rentan Terkena Gangguan Mental"

Posting Komentar